Kamis, 19 Mei 2011

Tips Menjadi MC (Pembawa Acara) Yang Benar


Tips Menjadi MC (Pembawa Acara) Yang Benar

Tips Menjadi MC (Pembawa Acara) Yang Benar – Memberikan beberapa tips yang menarik & bermutu buat kamu2 yang baru mau jadi mc atau pembawa acara blm terlampau menguasai profesi ini. beginilah kira2 tips itu :


1. kenali peranmu peran seorang mc adalah untuk mempertahankan sebuah acara supaya berjalan lancar, mempertahankan energi para peserta/penonton supaya semangat, membantu para peserta supaya merasa disambut dgn baik & membuat para pembicara/pengisi acara merasa dihargai, & masi banyak lagi. jadi gak cuma hanya memberikan informasi & gak cuma seseperti timekeeper aja.

2. kenali kelompok-kelompok peserta artinya adalah menyambut para penonton/peserta yang tidak berasal dari wilayah tempat acara berlangsung. mc harus memastikan bahwa semua penonton adalah sama, tidak memberikan perlakuan khusus pada mereka yang merupakan “tuan rumah”.

3. ringkaslah apa yang dikatakan dari pembicara poin ini penting bgt buat diperhatikan. jadi setiap seorang pembicara berakhir bicara, mc harus bissa mengambil intisari dari apa yang dibicarakan dari pembicara tersebut, atau setidaknya untukan penting dari isinya, untuk disampaikan kepada penonton/mc service.

4. pertahankan waktu yang ditentukan dalam sebuah acara, tidak dipungkiri bakal ada alokasi waktu yang kurang sesuai dengan rundown acara, entah itu molor atau kecepatan. untuk itulah mc (training mc) harus bissa mengatur supaya waktu tetap berjalan sesuai dengan rundown.

5. buat penonton bersemangat kadangkala pada suatu acara pasti ada penonton yang merasa bosen atau ngantuk kgelanggang isinya kurang menarik atau apa/mc service.

6. jangan bicara terlampau cepat, ucapkan setiap kata dengan intonasi yang jelas (training mc)

7. usahakan untuk rileks, kalo gugup tarik nafas yang panjang & dalam kemudian bergeraklah untuk melemaskan otot.

8. buat catatan mungil untuk membantu mengingat apa yang akan dikatakan, entah itu joke, cerita atau memberikan informasi huff..dah banyak kan?gimana, kira2 dah siap blm kl dgosipruh jadi mc? kl saia sie jelas…gak siap!! huahahahaha… emank kl menulis tu gampang ya, coba aja kl di lapangan langsung, pasti semua teori bakal buyarrrrr..tp semoga itu ga terjadi buat kamu2 yang baca ini..selamat mencoba jadi mc!!